Social Icons

Sunday 26 June 2011

Pancake Gulung Isi Keju Coklat


Ini pancake hasil kreasi saya (yang dibuat bersamaan dgn donat kentang ala zauji al mahbub beberapa hari yg lalu). Sebenarnya ini bukan resep pancake (resep aslinya di sini) cuman pas saya praktekin koq malah mirip pancake (bukan crepes) tapi tipis, jadilah saya namakan pancake gulung (karena bisa digulung, aslinya kan pancake ga bisa digulung yah..) hehehe.

Alaa kulli hal..ini dia resep Pancake Gulung Isi Keju Coklat-nya, selamat mencoba. ~senyum~
(eits...tapi siapa tau ada yg praktekin trus bisa jadi crepes..Alhamdulillah deh kalo begitu).

Bismillah....

Bahan Kulit :
1 cup (125 gr) tepung terigu
300 cc susu cair (kalo ga punya, bisa pake susu bubuk full cream yg dicampur dgn air biasa)
2 sdm minyak sayur (kalo ga punya minyak sayur bisa diganti dengan minyak zaitun)
1 sdm gula pasir
Garam secukupnya
2 butir telur
Mentega

Isi :
Peanut butter (kalo ga suka bisa di-skip atau dganti dgn yg lain, ex: meses, parutan keju, susu kental, etc. suka-suka yang buat deh).

Cara membuatnya :
1. Campur tepung terigu, telur, minyak sayur, susu cair, gula, dan garam. Aduk sampai tercampur semuanya.
2. Oleskan mentega diatas teflon lalu tuangkan adonan secukupnya.
3. Oleskan peanut butter (bisa di-skip), waktu itu saya taburi meses, keju parut dan disiramin susu kental, kemudian gulung.

4. Tata dalam satu piring.
5. Kalo mau bisa disiramin susu kental dan ditaburi meses.

Alhamdulillah...jadi deh..selamat menikmati..~senyum~


Yang ini judulnya masih sama, pancake gulung, tapi cara gulungnya ga sama dgn pancake gulung yang pertama kali saya buat. Ini cara menggulungnya seperti cara menggulung dadar. Suami saya suka dengan model pancake gulung seperti ini, soalnya isiannya ga bakal jatuh, katanya..(hehehe). Kalo pancake sebelumnya (yang pertama kali coba dibuat) saya pake mentega sebelum menuangkan adonan ke dalam pan, setelahnya saya ga pernah pake, jadi hasilnya jadi mulus seperti gambar di samping ini. Ga lengket di pan, mungkin karena pan-nya emang bagus yah (jadi semakin cinta sama pan-ku itu...) bisa jadi juga karena pengaruh minyak zaitun yang terdapat pada adonan.

Karena seringnya buat pancake, cemilan ini jadi cemilan favorit kami klo lagi pengen ngemil, selain praktis (tinggal campur-campur aja), simple, lezat, juga sehat (secara bahan-bahannya : susu, minyak zaitun, telur). Pokoknya yang belum pernah buat, kudu dicoba, gampang banget ~senyum~

No comments:

Post a Comment