Social Icons

Monday 8 August 2011

Foreign Food : Samosa/Sambosa/Sambosak

Ini cemilan diantara waktu maghrib-isya kemarin. Menurut teman saya yang orang Arab, cemilan ini adalah makanan khas ifthar di Saudi. Punya beberapa nama yang cukup mirip; Samosa, Sambosa atau Sambosak.
Kebetulan beberapa hari yang lalu, saat zauji buka puasa di masjid yang letaknya tidak jauh dari syuqqah (apartemen) kami, cemilan ini tersedia sebagai salah satu hidangan ifthar. Jadinya pengen buat sendiri, Alhamdulillah kulit sambosanya ada yang sudah siap pakai dan dijualnya di baqolah (toko/warung) yang ga jauh dari syuqqah kami. Daging kambingnya pun masih ada pemberian dari tetangga kami yang baik hati. Wah..alhasil pucuk dicinta ulam pun tiba ini namanya..hehehe.. Maka, berkreasilah kami didapur. Berikut para pendukung dari cemilan Sambosa ini hasil kreasi kami (aslinya sambosa ini isinya sayuran dengan daging kambing dan bumbu khas arab yang sedikit menyengat, berhubung lidah indo, jadi disesuaikan sajalah...).

Bismillah....
Bahan :
a. Kulit Sambosa siap pakai (bentuknya persegi panjang, seperti pada gambar), kalo tidak ada ditempat tinggal kita, boleh pakai kulit spring roll tapi dilipat dua terlebih dahulu agar bentuknya menjadi persegi panjang, atau mau buat kulit sendiri..silakeun, cara membuatnya sama dengan cara membuat kulit spring roll).
b. 1/4 kg daging kambing. Cuci bersih kemudian rebus hingga setengah matang, cincang kasar, sisihkan.
c. 2 buah kentang. Cuci bersih, potong memanjang, rendam dengan air secukupnya agar tidak berubah warnanya, sisihkan.
d. 1 butir telur ayam
e. Minyak goreng secukupnya
f. Air secukupnya


Bumbu :
5 siung bawang putih
1 siung bawang merah (1 siung saja karena bawang merahnya besar, jadi nanti tinggal dipotong-potong saja menyesuaikan dengan bawang putihnya). bisa pakai bawang merah yang kecil sebanyak 6-7 siung.
3 buah cabe merah besar
Garam secukupnya
Gula secukupnya 



Cara membuatnya :
1. Haluskan bumbu, panaskan minyak goreng secukupnya kemudian tumis bumbu halus hingga wangi. 
2. Masukkan daging kambing yang telah dicincang kemudian kentang lalu aduk hingga tercampur rata dengan bumbu. Tambahkan garam, gula dan air secukupnya. Tutup panci/teflon. Kemudian ceplokkan 1 butir telur, aduk rata. Masak dengan api sedang hingga airnya habis/kering (agar saat diisi kulit Sambosa-nya tidak basah/lembab yang akan berpengaruh saat digoreng nanti).
3. Setelah masak, diamkan sebentar kemudian masukkan isi ke dalam kulit Sambosa yang sudah dilipat seperti kantong segitiga (seperti pada gambar). Cara melipatnya : bagian ujung kulit Sambosa (yang dipegang oleh tangan kanan) dilipat kearah dalam.
Setelah diisi dimasukkan kemudian lipat sisa kulit mengelilingi kantong segitiga tadi. Terakhir rapikan ujung kulit dan rekatkan dengan putih telur.
4. Goreng dengan minyak goreng secukupnya dan api sedang hingga kuli berwarna kuning keemasan.
5. Angkat, tiriskan.




Alhamdulillah...jadi deh Sambosa-nya. Mudah kan??? Yuk..dicoba..~senyum~

1 comment: