Social Icons

Sunday 14 August 2011

Foreign Food : Kunafa/Kunafah (Timur Tengah)



Cemilan ini merupakan salah satu cemilan khas di saat Ramadhan tiba, meski di luar Ramadhan pun si manis ini tetap jadi cemilan yang cukup digemari. Asal muasalnya sih katanya dari daerah-daerah di Timur Tengah, misalnya Mesir dan Saudi Arabia.

Saya pribadi pertama kali mencicipinya saat di rawat di salah satu rumah sakit pemerintah di Madinah. Saat itu kue ini diberikan bersama dengan makan malam, sebagai dessert-nya. Pertama kali mencoba langsung jatuh cinta sama nih kue. Manis dan cukup lembut di lidah. Kalo manis sih..itu sudah pasti..sebab itulah kekhasan dari cemilan-cemilan asal Timur Tengah. 

Sempat beberapa kali hunting kue ini di beberapa baqolah dan supermarket di sini, dan Alhamdulillah menemukannya di salah satu supermarket. Harganya waktu itu kalo ga salah ingat sekitar 6 - 7 SR/6 potong (dengan ukuran 1 kue sekitar 3x4 cm). 
Pikir-pikir..kalo bawaannya beli melulu, kasihan sama zauji..hehehe. Maka, saya memutuskan untuk belajar membuat sendiri, Alhamdulillah ada teman di FB yang dengan baik hati berbagi resep kunafa kepada saya dan juga waktu beli bahan-bahannya sempat dikasih tau juga sama salah seorang pegawai yang bertugas menjaga stand keju di supermarket tersebut.

Berikut resep dari salah seorang pegawai supermarket :
Bismillah....

Bahan : 
- adonan kunafa (sobek-sobek)
- keju khusus kunafa (potong-potong kasar menggunakan sendok makan)
- mentega (dicairkan)

Pelengkap :
- susu kental manis putih
- buah cherry

Cara membuatnya :
- tuang mentega cair diatas adonan kunafa, campur hingga merata
- susun adonan kataifi dalam loyang alumunium foil/pinggan tahan panas sbg lapisan bawah
- kemudian masukkan keju yg sdh dipotong2, ratakan diatas permukaan adonan pertama

lapisan keju (lapisan kedua setelah lapisan adonan kunafa)



- kemudian susun sisa adonan kunafa di atas keju hingga semua permukaan tertutupi
- panggang diatas api kecil hingga berubah warna, kurleb 15-20 menit (tergantung juga dengan ketebalan lapisan kunafa).
- setelah matang, angkat dan sajikan bersama susu kental manis dan cherry sebagai pelengkapnya..




Di resep ini lebih simple karena untuk lapisan tengahnya tinggal menggunakan keju yang sudah siap pakai, tapi ga bisa bereksplorasi jadinya.
jadi...kalo mau bereksplorasi..bagian tengahnya bisa dimodifikasi sendiri sesuai selera, misalnya bisa dibuat dengan campuran : susu segar + qisytoh (cream kalengan) + gula pasir dan madu..*hhmmm...manisssnya...hehehe


Nah yang ini resep dari teman saya yang didapatkannya dari tetangganya di Mesir :

Bahan:
• 1 paket Kataifi ( adonan fillo)
• 3 batang krim mentega manis dilelehkan
• 1 bungkus keju ricotta
• 1 cangkir parutan keju mozerella
• 1 / 2 cangkir susu
• 3 sendok makan samolina atau farina (tepung kentang)
• 1 cangkir simple sirup Mediterania untuk pelengkap 
• pistachio untuk hiasan

Cara membuat :
Panaskan oven sampai 350 derajat. Dalam mangkuk besar, potong2/sobek2 kataifi dengan tangan kemudian tambahkan mentega yg sdh dicairkan, aduk smp tercampuran dg baik. Taruh setengah dari campuran di dasar loyang oven non-stick, sebarkan keseluruh permukaan panci sebagai kerak tekan-tekan.

Dalam mangkuk lainnya campurkan keju ricotta dan keju mozerella. panaskan susu dlm panci selama 1 menit tambahkan samolina dan masak selama 30 detik, tuangkan ke dlm mangkuk campuran keju, aduk rata. 

Tuang campuran keju dalam wajan di atas kerak kataifi dg merata. Tempatkan sisa adonan kataifi merata di atasnya utk membentuk kerak bagian atas, agak ditekan-tekan dan diratakan. 

Masukan loyang ke dalam oven dlm suhu 350-400 derajat selama 45 menit atau sampai coklat keemasan. Angkat dan diamkan selama 30 menit, gunaan pisau utk membuka sisi kue agar mudah dilepas dr loyang, taruh piring diatasnya kemudian balikkan loyang ke piring dan hiasi dengan potongan kacang pistachio. Sajikan dengan sirup sederhana.

2 comments:

  1. assalamualaikum, akhirnya nemu resep kunafa yang pake bahasa indonesia :D.. emang deh ini kue enak bangeeet. rasanya ngangenin banget. ngiler kalau inget kunafa.. tapi sayangnya jauh belinya huhu.. mkasi yaa resepnya.. nanti coba bikin aah.. hhe :)

    ReplyDelete
  2. Beli adonan kunafa nya dimana ? Di supermarket banjarmasin ga nemuu :( please infonya.

    ReplyDelete