Social Icons

Saturday 19 May 2012

Sate Pisang Aziziyah

Kali ini saya akan berbagi resep cemilan yang terbuat dari pisang.
Oh iya, sekedar info saja yah...pisang (terkhusus pisang yang bisa digoreng, misal pisang raja atau pisang kepok) di Jazirah Arab ini termasuk barang mahal. Kalo di Indo dengan 3000 perak (atau mungkin ada yang lebih murah lagi yah...) kita sudah bisa mendapat sesisir pisang raja, tapi di sini...dengan 10 riyal Alhamdulillah sudah bisa mendapat 7-8 buah pisang raja (itupun diitungnya perkilo, jadi klo pisangnya cukup besar, mungkin cuman bisa dapat 6 buah saja). Dan...waktu yang tepat untuk berburu pisang, khusus untuk Madinah (hehehe) itu pas hari jum'at, kenapa? sebab pisangnya baru datang jadi masih cantik dan segar, tapi kalo sudah lewat 2 hari warna pisangnya sudah berubah menjadi kehitam-hitaman dan lembek.

Lanjut....
Resep berbahan pisang kali ini judulnya : Sate Pisang Aziziyah. Aziziyah itu nama daerah tempat tinggal kami sekarang. Dinamain sate pisang karena bentuk akhir dari cemilan ini menyerupai sate, tapi yang ini satenya terbuat dari pisang dan ga ada yang namanya saos kacang yang ada taburan milo juga SKM. Alasannya? Biar unik saja dan lebih menggugah selera (hehehe...bahasanya selangit).
Thayyib...ini dia resepnya....(intronya kepanjangan...hehehe).


Bismillah
Bahan  :

Pisang raja secukupnya (tergantung mau buat berapa banyak, 1 tusuk nanti isinya 4-5 potong).
Tepung terigu secukupnya
Air secukupnya
Milo secukupnya
SKM secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Alat :
Tusuk sate

Cara membuat :
1 buah pisang dipotong kecil-kecil (kira-kira dapat 10 potong kecil, atau berapa banyak potongannya disesuaikan dengan besarnya 1 buah pisang). 
Kemudian potongan-potongan pisang tadi dicampur bersama adonan tepung terigu (tepung + air), lalu digoreng. 
Setelah itu susun 4 potongan pisang dalam 1 tusuk sate, lalu diberi SKM dan taburan milo (atau tergantung selera kita).

Mudah bukan? Yukk..dicoba...~senyum~

No comments:

Post a Comment